Profil UPC

Urban Poor Consortium (UPC) berdiri pada September 1997. UPC adalah organisasi non-pemerintah yang bekerja bersama komunitas marjinal perkotaan dengan pendekatan holistik dan partisipatoris dan menempatkan kepentingan rakyat sebagai prioritas utama. Karenanya, masyarakat marjinal perkotaan adalah subyek dan stakeholder utama yang memiliki akses dan kontrol atas semua kegiatan yang dilaksanakan.

Visi: Mencitakan kota untuk semua dimana keberagaman sosial, ekonomi dan budaya merupakan sumberdaya positif dan kekuatan bagi perwujudan keadilan sosial dan kota yang demokratis

Misi: Pemberdayaan rakyat akar rumput melalui advokasi, pengorganisasian basis, dan pengembangan jaringan

NILAI (norma, sikap, etika): meyakini dan mempraktekkan nilai-nilai kedaulatan, keadilan sosial, keadilan gender (kesetaraan peran) dan lingkungan, menghargai keberagaman, keterbukaan, dan kesetaraan.

Strategi dan Program: UPC menumpukan geraknya pada penumbuhan kesadaran kritis rakyat melalui penyebarluasan informasi. UPC percaya bahwa informasi yang akurat dan relevan mampu mendorong orang untuk bertindak sendiri atau secara kolektif untuk mengubah realitas yang tidak adil dan menindas. Tindakan kolektif, khususnya, membuka ruang kesadaran politis dan kehendak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan publik. Gerak semacam ini pada prosesnya akan menumbuhkan kegiatan-kegiatan rakyat yang terorganisasi baik dan kuat, yang berfungsi menghimpun energi kreatif dan mengukuhkan ikatan sosial kelompok untuk mewujudkan kehidupan sosial yang adil dan demokratis.

UPC mewujudkan strategi di atas melalui kegiatan penyebarluasan informasi dan penumbuhan media ekspresi rakyat dengan sarana multimedia; advokasi; penumbuhan organisasi tingkat basis; pengembangan jaringan kerja antar kampung miskin dan kelompok-kelompok rakyat miskin kota; dan pemenuhan kebutuhan praktis komunitas dengan kegiatan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan perbaikan permukiman.

Pengorganisasian basis

Tujuan : Rakyat miskin memiliki kesadaran kolektif untuk merumuskan mimpi bersama dan dapat memahami kekuatan serta kelemahan, sehingga terbentuknya organisasi rakyat yang bisa memperjuangkan hak-hak dasar mereka

Program Kerja Pengorganisasian basis

  1. Pembentukan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama
  2. Pembentukan dan Pengembangan Gerakan Hidup Sehat Alamai
  3. Pembentukan dan Pengembangan Kelompok Belajar/Bermain Anak
  4. Pengorganisasian becak
  5. Pengorganisasian PKL
  6. Sekolah Community Organizing

Advokasi

Tujuan : Rakyat miskin memiliki kesadaran akan hak-haknya sebagai warga Negara yang dijamin oleh konstitusi sehingga dapat mengubah kebijakan agar berpihak pada rakyat miskin

Program Kerja Advokasi

  1. Advokasi penolakan penggusuran dan mengusulkan solusi alternatif lewat penataan kawasan/permukiman
  2. Advokasi hak-hak dasar rakyat, meliputi hak atas pendidikan, pelayanan kesehatan, dan hak atas identitas
  3. Melakukan kampanye melalui pelbagai ragam media

Penguatan Jaringan

Tujuan : Terwujudnya jaringan vertical dan horizontal yang dapat mendukung gerakan Rakyat Miskin Kota

Program Kerja Penguatan Jaringan

  1. Pertemuan tengah tahunan bersama dengan Organisasi Rakyat yang telah berjaringan
  2. Pertemuan tahunan bersama Organisasi Rakyat yang telah berjaringan
  3. Kerjasama dengan para profesional, seniman, akademisi, mahasiswa, kelompok-kelompok gerakan sosial lain, baik dalam maupun luar negeri.

Organisasi:

UPC adalah forum kerja dengan pengorganisasian yang lentur dan terbuka. Forum anggota merupakan badan pengambil keputusan tertinggi. Pelaksanaan program melibatkan para anggota sesuai keahliannya, dan dikoordinasikan oleh Sekretariat.

Alamat

Jl. Kalibata Utara I No.18, Jakarta Selatan, 12710

Indonesia

Telp/fax : +62-21-7971629

Email : [email protected]